Strategi Efektif untuk Menyelesaikan Masalah Akibat Keberagaman melalui Sikap Toleransi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3926Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang obyektif dan menyeluruh tentang: a) Strategi yang digunakan guru PPKn untuk menanamkan sikap toleransi di SMPN 11 Mataram b) Faktor-faktor yang dapat menumbuhkan sikap toleransi peserta didik di SMPN 11 Mataram c) Hasil yang dicapai melalui sikap toleransi yang ditanamkan pada siswa SMPN 11 Mataram d) Upaya guru mengevaluasi terkait penerapan sikap toleransi di SMPN 11 Mataram. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis studi kasus yaitu mempelajari tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang menjadi pokok penelitian, untuk kemudian memperoleh informasi langsung dan terkini mengenai permasalahan penelitian. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasilnya dianalisis sesuai penelitian studi kasus. Berdasarkan pembahasan data penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Strategi guru dalam menumbuhkan sikap toleran pada siswa SMPN 11 Mataram adalah menerapkan rasa cinta kasih, pembiasaan menghormati orang lain, mengembangkan saling bekerjasama dan menyelenggarakan program sabtu budaya; 2) Faktor yang dapat menumbuhkan sikap toleran di kalangan siswa yaitu kesadaran diri, kemampuan berkomunikasi, sosial, tekonologi dan pendidikan; 3) Hasil yang diperoleh dari sikap toleran di SMPN 11 Mataram adalah dapat membantu mengurangi konflik dan peningkatan kerja sama; 4) Evaluasi penerapan toleransi di SMPN 11 Mataram dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai strategi yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, yaitu siswa, guru, dan staf sekolah yaitu, pemantauan perilaku dan berkolaborasi dengan orang tua.