Gambaran Gaya Kepemimpinan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa Sekolah Dasar X di Kecamatan Pancur Batu
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3943Abstract
Kepemimpinan merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk mempengaruhi orang lain, agar mereka berbuat sesuatu dalam mencapai suatu tujuan dan maksud. Guru adalah seseorang yang memiliki hak dan kewajiban untuk melakukan proses belajar mengajar baik untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Kesulitan membaca sering didefinisikan sebagai suatu gejala kesulitan dalam mempelajari komponen-komponen dan kalimat. Siswa yang mengalami kesulitan membaca mengalami satu atau lebih kesulitan dalam memproses informasi. Penelitian ini merupakan penelitian yang menganalisis data berupa deskripsi dari variable penelitian tersebut. Penelitian deskriptif ini dilaksanakan di Sekolah Dasar X di Kecamatan Pancur Batu. Subjek penelitian ini adalah kesulitan membaca pada siswa sekolah dasar. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan membaca pada siswa kelas II yang berjumlah 25 siswa di Sekolah Dasar X di Kecamatan Pancur Batu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, pemberian angket, dan dokumentasi. Wawancara dalam penelitian ini dilakukan dengan guru dan siswa. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen non-tes berupa kuesioner mengenai membaca. Berdasarkan hasil penelitian di Sekolah Dasar X Kecamatan Pancur Batu bahwa masih ada satu atau dua orang siswa yang terhambat proses membacanya dikarenakan faktor kurangnya perhatian dan bimbingan dari guru yang ada dikelasnya.