Analisis Penerapan Model PjBL Terintegrasi Chemoenterpreneurship (CEP) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Hidrolisis Garam di SMA Negeri 9 Tebo
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3960Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah penerapan model PjBL-CEP, implementasi model PjBL-CEP dalam melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Tebo dan untuk mengetahui korelasi antara tugas proyek dengan hasil tes soal kemampuan berpikir kreatif. Desain penelitian yang digunakan adalah mix method dengan pendekatan sequential eksplanatory pretest-posttest only. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah total random sampling dimana sampel yang diambil sama dengan jumlah populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, tes soal esai kemampuan berpikir kreatif, observasi dan dokumentasi. Data diperoleh dan dianalisis menggunakan analisis Miles & Huberman dan uji statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan korelasi antara tugas proyek dengan nilai soal esai kemampuan berpikir kreatif sebesar 0,43 dalam kategori sedang. Pembelajaran kimia PjBL-CEP pada penelitian ini berjalan dengan baik dan mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dan mendorong peserta didik untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model PjBL-CEP cukup efektif dalam melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik.