Standarisasi Pendidikan Nasional

Authors

  • Badrudin Badrudin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Indonesia
  • Rana Setiana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Indonesia
  • Salma Fauziyyah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Indonesia
  • Sri Ramdani Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3962

Abstract

Penelitian ini mengulas evolusi dunia pendidikan global dengan fokus pada langkah-langkah yang diambil oleh Indonesia untuk meningkatkan kualitasnya melalui reformasi sistem pendidikan dan penerapan Standar Nasional Pendidikan (SNP). SNP, dengan delapan aspek mulai dari kurikulum hingga pembiayaan, menjadi pedoman utama dalam perencanaan, implementasi, dan pengawasan pendidikan. Pendekatan library research digunakan untuk mendefinisikan standar pendidikan nasional, ruang lingkupnya, dan strategi standarisasi, dengan sumber referensi dari buku, jurnal, artikel, dan internet. Penelitian ini bertujuan untuk memahami detail dari standarisasi pendidikan nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa standar isi, proses pembelajaran, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana, prasarana, dan pengelolaan pendidikan menjadi komponen integral dari SNP. Pengaturan pembiayaan pendidikan, melibatkan biaya investasi, operasional, dan personal, bertujuan untuk memastikan keberlanjutan dan kualitas pendidikan. Standar penilaian, ditegaskan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016, menjadi landasan evaluasi hasil belajar peserta didik. Keseragaman mutu pendidikan nasional diukur melalui ketaatan satuan pendidikan terhadap standar SNP, mencerminkan komitmen terhadap peningkatan sistem pendidikan di Indonesia.

Published

2024-02-04

How to Cite

Badrudin, B., Setiana, R. ., Fauziyyah, S. ., & Ramdani, S. . (2024). Standarisasi Pendidikan Nasional. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1797-1808. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3962