Pengembangan Manajemen Penilaian Pendidikan

Authors

  • Badrudin Badrudin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Indonesia
  • Muhamad Raihan Razabi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Indonesia
  • R Shinta Rahmi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Indonesia
  • Sri Mulyani Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3963

Abstract

Penelitian ini membahas pengembangan manajemen penilaian pendidikan, mengeksplorasi konsep, tujuan, fungsi, ruang lingkup, teknik, dan langkah-langkah penilaian. Metode penelitian menggunakan pendekatan kepustakaan dengan merinci definisi penilaian menurut berbagai ahli, termasuk aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tujuan penelitian melibatkan pemahaman tentang tujuan penilaian, pencapaian kompetensi peserta didik, dan umpan balik untuk perbaikan. Fungsi penilaian mencakup selektif, diagnostik, penempatan, dan pengukuran keberhasilan program. Ruang lingkup penilaian melibatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik. Berbagai teknik penilaian, seperti tes, penilaian non-tes, unjuk kerja, sikap, proyek, produk, portofolio, dan penilaian diri, juga dijelaskan. Langkah-langkah penilaian mencakup perancangan strategi, penilaian sikap, penilaian pengetahuan, penilaian keterampilan, remidi, dan pelaporan hasil. Keseluruhan penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman tentang manajemen penilaian pendidikan dan memberikan panduan bagi pendidik dan pemerintah dalam melaksanakan penilaian pendidikan yang efektif.

Published

2024-02-04

How to Cite

Badrudin, B., Razabi, M. R. ., Rahmi, R. S. ., & Mulyani, S. . (2024). Pengembangan Manajemen Penilaian Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1788-1796. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3963