Strategi Efektif untuk Menyelesaikan Masalah Akibat Keberagaman melalui Sikap Toleransi di SMPN 11 Mataram
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3970Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang obyektif dan menyeluruh tentang: a) Apa saja strategi yang digunakan guru PPKn untuk menanamkan sikap toleran di SMP 11 Mataram? b) Faktor-faktor apa saja yang dapat menumbuhkan sikap toleransi peserta didik di SMPN 11 Mataram? c) Apa hasil yang dicapai melalui sikap toleran yang ditanamkan pada siswa SMPN 11 Mataram? d) Bagaimana guru mengevaluasi terkait penerapan sikap toleransi di SMPN 11 Mataram? Penelitian ini adalah penelitian lapangan, yaitu mempelajari tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang menjadi pokok penelitian, untuk kemudian memperoleh informasi langsung dan terkini mengenai permasalahan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif yang mencakup interpretasi data yang diperoleh di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Strategi guru dalam menumbuhkan sikap toleran pada siswa SMPN 11 Mataram adalah menerapkan rasa cinta kasih, pembiasaan menghormati orang lain, mengembangkan saling bekerjasama dan menyelenggarakan program sabtu budaya; 2) Faktor yang dapat menumbuhkan sikap toleran di kalangan siswa yaitu kesadaran diri, kemampuan berkomunikasi, sosial, tekonologi dan pendidikan; 3) Hasil yang diperoleh dari sikap toleran di SMPN 11 Mataram adalah dapat membantu mengurangi konflik dan peningkatan kerja sama; 4) Evaluasi penerapan toleransi di SMPN 11 Mataram dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai strategi yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, yaitu siswa, guru, dan staf sekolah yaitu, pemantauan perilaku dan berkolaborasi dengan orang tua.