Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penggunaan Model Quantum Learning di Kelas IV SDI Waiwagha Kecamatan Wejewa Selatan Kabupaten Sumbabarat Daya
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3978Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menerapkan model Quantum Learning pada siswa kelas IV SDI Waiwagha. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain yang digunakan adalah model PTK Kurt Lewin dengan dua siklus. Masing-masing siklus menggunnakan empat tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDI Waiwagha yang berjumlah 20 orang dengan rincian 8 laki laki dan 12 perempuan. Metode pengumpulan data adalah metode tes obyektif berbentuk pilihan ganda. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan persentase hasil belajar siswa. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 56,95 dengan persentasenya 56,95% berada pada kategori tidak baik dengan ketuntasan klasikalnya sebesar 35% sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,85 dengan persentasenya 80,85% berada pada kategori baik dan ketuntasan klasikalnya mencapai 90%. Dengan penggunaan model Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV SDI Waiwagha dari siklus I ke siklus II sebesar 23,9%. Penerapan Quantum Learning ini, layak diterapkan karena quantum learning memberikan manfaat yaitu: 1) bersikap positif, 2) meningkatkan motivasi, 3) keterampilan seumur hidup, 4) kepercayaan diri dan 5) sukses atau hasil belajar yang meningkat. dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa yang memiliki kelemahan. Dengan demikian, model Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia.