Analisis Kepuasan Belajar Mahasiswa pada Platform E-Learning: Peran Instruktur, Kualitas Sistem, dan Layanan Pendukung

Authors

  • Fitra Jaya Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4010

Abstract

Perkembangan teknologi telah mengubah paradigma pendidikan dengan memperkenalkan berbagai model pembelajaran berbasis internet, seperti e-learning, blended learning, dan hybrid learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas sistem, kualitas instruktur, dan layanan pendukung terhadap kepuasan belajar mahasiswa dalam lingkungan e-learning. Melalui pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif, penelitian ini menganalisis data dari 241 mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Terbuka. Analisis regresi linear berganda digunakan untuk menganalisis hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem, kualitas instruktur, dan layanan pendukung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar mahasiswa dalam e-learning. Kualitas sistem yang baik menciptakan akses lancar dan stabil terhadap materi pembelajaran, kualitas instruktur memainkan peran sentral dalam membentuk pengalaman belajar mahasiswa dengan kompetensi pedagogis dan interaksi yang baik, sedangkan layanan pendukung memberikan dukungan teknis dan emosional yang meningkatkan kepuasan belajar mahasiswa. Implikasi temuan ini memberikan dasar bagi lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas e-learning dengan memperhatikan aspek teknis, instruksional, dan layanan pendukung.

Published

2024-04-01

How to Cite

Jaya, F. (2024). Analisis Kepuasan Belajar Mahasiswa pada Platform E-Learning: Peran Instruktur, Kualitas Sistem, dan Layanan Pendukung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3645-3653. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4010