Pengembangan Media Video Animasi dengan Kinemaster untuk Pembelajaran Fisika pada Topik Gerak Parabola Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.4011Abstract
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R & D). Objek penelitian ini adalah video animasi berbasis aplikasi kinemaster dalam pembelajaran fisika pada materi gerak parabola. Penelitian pengembangan media video animasi menggunakan aplikasi kinemaster ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran fisika pada topik gerak parabola di SMAN 2 Donggo. Intrumen pengumpulan data yang digunakan berupa validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan angket resspon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan cara menganalisis skor persentase penilaian validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang didapatkan dari validasi memenuhi kategori sangat layak dari ahli materi dengan rata-rata 9,75%, ahli media sebesar 90,22%. Adapun hasil angket respon peserta didik setelah dilakukan validasi terhadap video animasi oleh para ahli, hasil penilaian dari responden dengan rata-rata 79,5%. Berdasarkan hasil perolehan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi dengan kinemaster sangat valid digunakan sebagai mediia pembelajaran fisika pada topik gerak parabola.