Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Berdasarkan Gambar Berpola Mind Mapping Siswa Kelas VII MTS Darul Hikmah Pekanbaru

Authors

  • Suci Nur Aini Syah Fitri Universitas Riau, Indonesia
  • Elvrin Septyanti Universitas Riau, Indonesia
  • Zulhafizh Zulhafizh Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.4016

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kemampuan menulis teks deskripsi berdasarkan gambar berpola mind mapping siswa kelas VII MTS Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi berdasarkan gambar berpola mind mapping. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTS Darul Hikmah Pekanbaru dengan jumlah sampel 127 siswa. Metode penelitian ini adalah menggunakan kuantitatif dengan metode teknik analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan berupa tes keterampilan secara tertulis. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis statistic deskriptif, uji normalitas data dan uji chi kuadrat. Hasil berdistribusi tidak normal dengan signifikasi 95%. Adapun rata-rata hasil kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII MTS Darul Hikmah Pekanbaru adalah 79,85 dengan kategori baik.

Published

2024-02-07

How to Cite

Fitri, S. N. A. S. ., Septyanti, E. ., & Zulhafizh, Z. (2024). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Berdasarkan Gambar Berpola Mind Mapping Siswa Kelas VII MTS Darul Hikmah Pekanbaru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 2038-2043. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.4016