Upaya Peningkatan Perkembangan Motorik Kasar Melalui Gerak Senam Irama pada Kelompok A TK Desa Geger, Kecamatan Geger Kabupaten Madiun
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4017Abstract
Perkembangan motorik kasar pada anak kelompok A TK Desa Geger masih sangat rendah, sehingga terdapat beberapa anak yang mengalami hambatan dalam keseimbangan, koordinasi anggota tubuh, kekuatan anggota tubuh dan kelenturan anggota tubuh. Dengan pembelajaran senam irama diharapkan dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar pada anak kelompok A yang berusia 4-5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk melatih perkembangan motorik kasar melalui gerak senam irama pada kelompok A TK Desa Geger Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Jenis penelitan yang diambil adalah penelitian tidakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini terdapat Penelitian ini terdiri dari II siklus, siklus I dan II. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Desa Geger Kecamatan Geger Kabupaten Madiun yang berjumlah 10 anak terdiri dari 6 anak laiki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang diguankan adalah lembar observasi yang berfungsi sebagai alat analisis perkembangan motorik kasar pada anak. Analisis dilakukan secara deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif, dengan kriteria keberhasilan pengukuran rata-rata 70% anak mengalami peningkatan kemampuan motorik kasar. Proses pelaksanaan kegiatan senam irama melibatkan beberapa tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar anak pada tahap asesmen awal terdapat 37%, namun setelah diberikan tindakan pada Siklus 1, kemampuan motorik kasar anak meningkat menjadi 56%, dan pada Siklus II diperoleh hasil yang menunjukkan sampai 83%. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan senam irama dapat melatih perkembangan motorik kasar pada kelompok A TK Desa Geger Kecamatan Geger Kabupaten Madiun.