Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4035Abstract
Artikel ini bertujuan memaparkan proses pengembangan produk berupa multimedia interaktif berbasis web menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model pengembangan DDD-E (Decide, Design, Develop, and Evaluate). Materi yang termuat dalam multimedia interaktif ini ialah pembelajaran IPA Sistem dan Organ Peredaran Darah Manusia di Kelas V Sekolah Dasar. Dalam mengukur kelayakan dan kepraktisan produk yang telah diproduksi digunakan instrumen penilaian menggunakan kuesioner. Multimedia interaktif ini dinyatakan layak untuk diujicobakan berdasarkan analisis data validasi bahasa 4,4 dengan kategori “sangat valid”, validasi materi 4,3 dengan kategori “sangat valid”, dan validasi media 4,5 dengan kategori “sangat valid”. Tingkat kepraktisan produk dapat diketahui dari uji coba produk bersama guru dan peserta didik. Uji coba pertama bersama guru kelas V memperoleh penilaian 4,7 dengan kategori “sangat praktis”. Uji coba kedua bersama peserta didik dengan skala kecil yang memperoleh penilaian akhir 4,6 dengan kategori “sangat praktis”. Terakhir, dilakukan uji coba berskala besar bersama peserta didik yang memperoleh penilaian akhir 4,6 dengan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hasil di atas, multimedia interaktif yang peneliti produksi telah layak digunakan dan dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran.