Pengaruh Lingkungan Berbahasa terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Santri Kelas X PPDU Putri
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4077Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh lingkungan berbahasa terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab dan seberapa besar pengaruh antara lingkungan berbahasa dengan keterampilan berbicara bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik analisis data yang digunkana adalah dengan menggunakan uji korelasi pearson product moment dengan bantuan program aplikasi SPSS versi 19for Windows. Populasi sekaligus sampel pada penelitian ini adalah seluruh santri kelas X Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Putri yang berjumlah 55 orang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nila signifikansi 0.035 < 0.05, yang berarti terdapat pengaruh antara lingkungan berbahasa dengan keterampilan berbicara bahasa Arab santri kelas X di Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Putri Malang. Nilai koefisien korelasi (R) yang diperoleh antara variabel X (lingkungan berbahasa) dan variabel Y (keterampilan berbicara) adalah sebesar 0.285 atau 28.5%. Nilai tersebut berada pada interval 0.20– 0.399 yang menunjukkan bahwa skala tersebut berada pada tingkat korelasi rendah. Maka dapat disimpulkan bahwa lingkungan berbahasa berpengaruh terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab.