Permaianan Permainan untuk Menstimulus Kemampuan Mengenal Huruf dan Kata Siswa Sekolah Dasar dengan Kesulitan Belajar (Disleksia) di SDN 1 Ntonggu Kabupaten Bima

Authors

  • Sri Hardiningsih STKIP Taman Siswa Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Desy Ningsih Komalasari STKIP Taman Siswa Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.408

Keywords:

Permainan, Siswa SD, Kesulitan Belajar, Disleksia

Abstract

Dalam menstimulus kemampuan mengenal huruf dan kata bagi siswa dengan kesulitan belajar (disleksia) perlu dilakukan dengan menghadirkan rasa senang dan bahagian bagi siswa SD. Dalam kegiatan permainan seringkali ada rasa senang yang tentunya sangat menarik bagi minat anak SD. Penelitian tentang “Permainan untuk Menstimulus Kemampuan Mengenal Huruf dan Kata Siswa Sekolah Dasar (SD) denngan Kesuitan Belajar (Disleksia) di SDN 1 Ntonggu Kabupaten Bima” ini bertujuan untuk: (1) Menghadirkan inovasi dalam Pembelajaran khususnya di SDN 1 Ntonggu Kabupaten Bima; (2) Menambahkan kreativitas pembelajaran bagi guru SD di SDN 1 Ntonggu Kabupaten Bima; (3) Menstimulus Kemampuan Mengenal Huruf dan Kata bagi Siswa SD di SDN 1 Ntonggu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian menggunakan triangulasi data. Dalam triangulasi data, sumber berupa data informasi dari guru, kepala sekolah dan kegiatan permainan yang dilakukan di SDN 1 Ntonggu Kabupaten Bima. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu permainan yang diterapkan dapat memberikan stimulus atau rangsangan bagi kemampuan mengenal huruf dan kata bagi siswa dengan kesulitan belajar (disleksia) di SD. Adapun peningkatan kemampuan mengenal huruf dan kata siswa SDN 1 Ntonggu Kabupaten Bima, meliputi: identifikasi kesulitan mengenal huruf dan kata siswa yang diperoleh dari informasi yang didapat dari pendidik dan penerapan permainan.

Published

2022-01-12

How to Cite

Hardiningsih, S., & Komalasari, D. N. (2022). Permaianan Permainan untuk Menstimulus Kemampuan Mengenal Huruf dan Kata Siswa Sekolah Dasar dengan Kesulitan Belajar (Disleksia) di SDN 1 Ntonggu Kabupaten Bima. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 243-249. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.408