Strategi Pembentukan Lingkungan Berbahasa Arab di MTs Al Irsyad Tengaran 7 Kota Batu
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4088Abstract
Salah satu kendala yang dijumpai di dalam pembelajaran bahasa Arab ialah strategi dalam pembentukan lingkungan yang belum tercipta dengan baik, sehingga menyebabkan para siswa ataupun siswi belum terbiasa dalam berkomunikasi dengan bahasa tersebut. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran bahasa Arab harus didukung dengan strategi pembentukan lingkungan yang optimal dan efektif. Pada penelitian berikut metode yang digunakan ialah kualitatif. Karena bentuk penelitian berupa studi kasus perlu adanya pengamatan mendalam tentang strategi pembentukan lingkungan yang diterapkan oleh MTs Al Irsyad Tengaran 7 kota Batu. Sehingga menghasilkan suatu data tertentu untuk selanjutnya dianalisis dan menghasilkan suatu teori. Metode pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menerapkan strategi pembentukan bahasa arab terdapat beberapa program yang dibentuk bertujuan untuk membekali kemampuan berbahasa arab para siswa. Dengan program tersebutlah siswa terfasilitasi dan terpacu untuk memiliki kemampuan berbahasa yang baik. MTs Al Irsyad Tengaran 7 Kota Batu juga melakukan evaluasi terkait dengan penerapan strategi tersebut. Penerapan strategi tertentu dalam membentuk lingkungan berbahasa merupakan faktor yang paling penting demi terwujudnya tujuan utama dari suatu kegiatan pembelajaran, baik di dalam ataupun di luar kelas. Dimulai dengan menyusun program-program yang dapat merangsang kemampuan para siswa, serta memfasilitasi mereka dalam proses pembentukan bahasa Arab secara pasif maupun aktif. Karena pada hakikatnya suatu pembelajaran yang berfokus pada pembentukan kemampuan tertentu membutuhkan strategi khusus dalam pembiasaannya.