Pengaruh Metode Sugesti Imajinasi melalui Media Audio terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tambang

Authors

  • Yoandra Priatna Universitas Riau, Indonesia
  • Elvrin Septyanti Universitas Riau, Indonesia
  • Zulhafizh Zulhafizh Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4091

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perbedaan dan pengaruh metode sugesti imajinasi melalui media audio terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Tambang. Rumusan masalah mencakup pertanyaan mengenai perbedaan signifikan kemampuan menulis teks puisi antara metode sugesti imajinasi dan metode konvensional, serta pengaruh signifikan metode sugesti imajinasi terhadap kemampuan menulis teks puisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen two group post-test design. Instrumen yang digunakan adalah teks esai untuk mengukur kemampuan menulis teks puisi. Sampel penelitian terdiri dari 28 siswa di kelas eksperimen dan 28 siswa di kelas kontrol, dipilih secara acak dari dua kelas X Bahasa di SMA Negeri 2 Tambang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis teks puisi siswa kelas eksperimen (85,71) lebih tinggi daripada kelas kontrol (84,71). Analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode sugesti imajinasi melalui audio memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode sugesti imajinasi dapat meningkatkan kemampuan menulis teks puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Tambang. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terkait strategi pengajaran yang dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, terutama melalui pendekatan inovatif seperti metode sugesti imajinasi melalui media audio.

Published

2024-03-03

How to Cite

Priatna, Y. ., Septyanti, E. ., & Zulhafizh, Z. (2024). Pengaruh Metode Sugesti Imajinasi melalui Media Audio terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tambang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2757-2763. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4091