Penerapan Communication Skill Berbantuan Spotify dalam Pembelajaran Menyampaikan Berita Siswa Kelas XI-7
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4115Abstract
Menyampaikan berita merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa, meskipun kenyataannya tidak semua siswa berani menyampaikan berita secara langsung. Salah satu cara peningkatannya yaitu dengan menggunakan metode berbasis media digital Spotify. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjabarkan keefektifan penerapan communication skill berbantuan Spotify dalam pembelajaran menyampaikan berita pada siswa kelas XI-7. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mixed method) dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data penelitian ini yaitu observasi, wawancara, analisis dokumen, dan kuesioner, dengan data berupa hasil observasi, hasil wawancara, hasil kegiatan belajar siswa kelas XI-7 SMAN 6 Malang, serta hasil kuesioner. Teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, analisis dokumen, serta penyebaran kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik organisasi data, pembacaan memoing, mendeskripsikan data menjadi kode dan tema, menafsirkan data, dan menyajikan serta memvisualisasikan data. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pada siklus I dengan kegiatan berupa presentasi perkembangan hasil diskusi kelompok dan wawancara yang dilakukan kepada narasumber, belum diperoleh hasil yang maksimal dalam setiap indikator yang telah ditetapkan. Perbaikan dilakukan pada siklus II dengan memberikan stimulus berupa pemberian video serta penggunaan Spotify sebagai media penyampai. Hasil akhir siklus II yakni terdapat peningkatan dalam keenam indikator yang telah ditetapkan.