Upaya Guru Seni Budaya dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Siswa Tunanetra di SLB A BINA INSANI Bandar Lampung

Authors

  • Abdul Hamid Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia
  • Ratna Tri Utami Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia
  • Genesa Vernanda Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4117

Abstract

Pendidikan adalah upaya dalam membangun suasana belajar dan proses pembelajaran secara aktif kepada siswa. Guru ialah orang yang berwenang dan bertanggung jawab terhadap pendidikan siswa nya, baik secara individu maupun secara klasikal, baik disekolah maupun di luar sekolah. Oleh karena itu, peran guru tidak dapat diabaikan dalam memastikan kualitas pendidikan dan pengembangan potensi siswa dalam memberikan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik Triangulasi data. Upaya guru seni budaya di SLB A Bina Insani memainkan peran penting dalam upaya meningkatkan motivasi belajar dan prestasi siswa tunanetra. Lebih dari sekadar seorang pengajar, mereka melibatkan diri sebagai fasilitator dan motivator, menjalankan fungsi ganda yang tidak hanya mendidik tetapi juga memberikan dukungan penuh kepada siswa untuk membangkitkan semangat belajar mereka secara optimal. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya Guru tidak hanya mengajar, tetapi juga menjadi fasilitator dan motivator yang menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung. Upaya guru meliputi penjelasan materi yang menyeluruh, pembukaan ruang diskusi, mendorong partisipasi aktif siswa, dan memberikan dukungan dalam praktik mengajar. Siswa menunjukkan respons positif terhadap dukungan emosional dan sosial dari guru, sementara tantangan dalam pembelajaran meliputi penyesuaian materi, tantangan sosial dan emosional, serta keterbatasan penglihatan, yang dapat diatasi dengan pendekatan yang sesuai dan dukungan yang tepat.

Published

2024-04-01

How to Cite

Hamid, A. ., Utami, R. T. ., & Vernanda, G. . (2024). Upaya Guru Seni Budaya dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Siswa Tunanetra di SLB A BINA INSANI Bandar Lampung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3776-3784. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4117