Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Batula
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4127Abstract
Interaksi merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran matematika, sehingga perlu adanya sarana belajar yang efektif untuk meningkatkan interaksi siswa. Disisi lain, masih banyak siswa yang belum memahami konsep bilangan. Padahal bilangan merupakan dasar dari materi belajar matematika selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa board game BATULA yang diterapkan untuk belajar identifikasi dan analisis jenis bilangan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Media board game BATULA ini telah dinyatakan sebagai media pembelajaran yang valid oleh ahli materi dan ahli media dengan persentase 95% dan 96%. Sebanyak 24 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pringapus dipilih sebagai subjek penelitian dan tahap implementasi dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2023/2024. Hasil uji kepraktisan memperoleh menunjukan kategori sangat praktis dengan persentase respon siswa 84% dan persentase respon guru sebesar 94%. Hasil uji t juga menunjukan signifikansi sebesar 0,000 (lebih kecil dari 0,05) dengan nilai posttest lebih tinggi dari pretest. Sehingga, peneliti menyimpulkan bahwa board game BATULA merupakan media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif.