Pengaruh Media Digital Edpuzzle terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Babat
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4144Abstract
Media pembelajaran sebagai sarana meningkatkan efektivitas dan efesiense dalam pembelajaran serta dapat memotivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, besarnya tingkat pengaruh media digital Edpuzzle berbasis video interaktif terhadap peningkatan hasil belajar bahasa arab siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan metode penelitiannya adalah quasi-experimental design. Untuk menguji keabsahan data menggunakan uji normalitas dilanjut dengan uji paired sample t test dan uji N-Gain untuk menganalisis adanya pengaruh dan seberapa besar tingkat pengaruh dari media Edpuzzle pada hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa terdapat perbedaaan nilai rata-rata pretest dan posttest siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Babat setelah menggunakan media Edpuzzle. Adanya pengaruh terhadap hasil belajar bahasa arab berdasarkan uji paired sampel t test dengan sig sebesar 0.000 < 0.05 dan keefetifan media Edpuzzle pada hasil belajar bahasa arab sebesar 0,3368 berdasar dari kualifikasi uji N-Gain tersebut dalam kategori sedang.