Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Pembelajaran Mengonstruksi Teks Biografi

Authors

  • Siti Darussalamah Universitas Brawijaya, Indonesia
  • Jamila Wijayanti Universitas Brawijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4145

Abstract

Model pembelajaran project based learning merupakan strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa menerapkan pengetahuannya dalam konteks nyata melalui proyek kelompok. Berdasarkan hasil wawancara, pada praktik mengonstruksi teks biografi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, siswa belum maksimal dalam mengembangkan dan merealisasikan ide kreatif dan imajinasi yang mereka miliki. Guru sudah berusaha menerapkan media yang menarik berupa infografis tokoh, namun melalui media tersebut siswa kurang leluasa dalam mengekspresikan imajinasi dan pemikiran kreatifnya dalam konteks nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam kegiatan mengonstruksi teks biografi. Metodologi penelitian ini menggunakan desain studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian disajikan dalam bentuk evaluasi produk, wawancara, dan ringkasan hasil pengamatan proses pembelajaran. Melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, data penelitian ini dikumpulkan. Empat langkah analisis data meliputi penyajian data, reduksi data, interpretasi data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran projet based pada tugas menulis teks biografi memberikan beberapa dampak positif, seperti: (1) memperdalam pemahaman siswa terhadap teks biografi; (2) memaksimalkan kreativitas; (3) menginspirasi siswa untuk belajar pada konteks nyata; (4) mengajak siswa berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran; dan (5) membina kerjasama siswa.

Published

2024-04-02

How to Cite

Darussalamah, S. ., & Wijayanti, J. . (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Pembelajaran Mengonstruksi Teks Biografi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3791-3797. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4145