Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas VII SDN 2 Banyumulek Kecamatan Kediri Tahun Pelajaran 2023/2024

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4162

Abstract

Pembelajaran sains di SD menekankan pemberian pengalaman belajar langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Karena itulah guru harus mampu menentukan pendekatan yang akan diterapkan dalam pembelajaran. Namun, berdasarkan hasil observasi, hasil belajar sains siswa kelas VI SDN 2 Banyumulek  pada materi pokok perkembangbiakan tumbuhan dan hewan masih rendah. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Salah satu pendekatan pembelajaran dalam sains yang dapat diterapkan oleh guru yaitu pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM). Berdasarkan uraian tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat untuk meningkatkan hasil belajar sains siswa kelas VI di SDN 2 Banyumulek Tahun Pelajaran 2023/2024. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan tes. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Dan berdasarkan hasil analisis data, hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 69 dengan persentase ketuntasan 67%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81 dengan persentase ketuntasan 86% dan pada siklus III meningkat menjadi 82 dengan persentase ketuntasan 90%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan pendekatan  STM dalam pembelajaran sains dengan materi pokok sumber daya alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Published

2024-03-08

How to Cite

Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas VII SDN 2 Banyumulek Kecamatan Kediri Tahun Pelajaran 2023/2024. (2024). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2997-3005. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4162