Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Scaffolding untuk Mengukur Scientific Reasoning Pada Pembelajaran IPA di SMP
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4164Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemberian instrumen penilaian berbasis scaffolding untuk mengukur scientific reasoning pada pembelajaran IPA di SMP pada materi suhu, kalor dan pemuaian yang dilaksanakan pada bulan november di salah satu Sekolah MTsN 1 Jember Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan Borg and Gall. Sampel diambil menggunakan uji kelompok kecil dan uji kelompok besar di kelas VII E,F,G,H. Instrumen penelitian ini berupa soal tes penalaran ilmiah yang dikembangkan oleh Lawson yaitu tipe LCTSR (Lawson Classroom Test of Scientific Reasoning). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas instrumen penilaian mendapatkan rata-rata sebesar 80,59%. Reliabilitas instrumen penilaian mendapatkan indeks sebesar 0,837 dan dapat dikategorikan reliabel sangat tinggi. Daya pembeda butir Soal Terdapat 3 kategori yaitu, 5 item dalam kategori baik, 10 item dalam kategori cukup, dan 5 item dalam kate-gori buruk yang ditentukan oleh daya pembeda dari 20 item item pertanyaan yang diu-jikan. Tingkat kesukaran 20 item soal yang diujikan menghasilkan presentase mudah 20%, sedang 70% dan sukar 10%. Namun hasil ini masih harus ditingkatkan kembali agar peserta didik dapat terlatih untuk memiliki kemampuan Scientific Reasoning.