Efektivitas Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam terhadap Karakter Islami Peserta Didik SMAN 43 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4176Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas kegiatan ekstrakurikuler rohani Islam dalam membentuk karakter Islami peserta didik di SMAN 43 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait kegiatan ekstrakurikuler rohani Islam. Responden penelitian ini adalah guru Pembina esktrakurikuler Rohis, pengurus Ekstrakurikuler Rohi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler rohani Islam di SMAN 43 Jakarta memiliki tujuan yang jelas untuk membentuk karakter Islami peserta didik. Peserta didik aktif terlibat dalam berbagai kegiatan, seperti kajian Quran, diskusi keagamaan, dan kegiatan sosial yang berbasis nilai-nilai Islam. Adanya perencanaan kegiatan yang terstruktur dan berkelanjutan memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman peserta didik terhadap ajaran Islam.