Pengaruh Media Power Point terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII Pondok Pesantren Al_Fattah Buduran Sidoarjo
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4179Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan media Power Point terhadap minat belajar bahasa Arab pada siswa kelas VII di Pondok Pesantren Al-Fattah Buduran Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan desain pre-test post-test control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan media Power Point dan kelompok kontrol yang diajarkan dengan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes minat belajar sebelum dan setelah perlakuan. Hasil analisis data menggunakan uji statistik menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok yang menggunakan media Power Point dan kelompok kontrol. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media Power Point memiliki pengaruh positif terhadap minat belajar bahasa Arab siswa kelas VII di Pesantren Al-Fattah Buduran Sidoarjo. Implikasi dari penelitian ini dapat memberikan rekomendasi kepada pendidik untuk mempertimbangkan penggunaan media Power Point sebagai salah satu strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab di kalangan siswa.