Pengaruh Principal Leadership dan Teacher Competence terhadap Teacher Satisfaction dan Teacher Performance di SD XYZ Cabang Bekasi

Authors

  • Yuliana Fita Mastuti Universitas Pelita Harapan, Indonesia
  • Ardi Ardi Universitas Pelita Harapan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4184

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh principal leadership, teacher competence terhadap teacher satisfaction dan teacher performace dengan mediasi teacher motivation di SD XYZ Cabang Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode analisa korelasi untuk mengetahui pengaruh koefisien dari variabel-variabel penelitian. Penelitian melibatkan seluruh populasi guru di SD XYZ Cabang Bekasi sejumlah 123 orang. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode PLS-SEM (Partial Least Square-Structural Equation Modeling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa teacher competence, teacher satisfaction, dan teacher motivation berpengaruh positif terhadap teacher performance. Temuan lain principal leadership dan teacher motivation berpengaruh positif terhadap teacher satisfaction. Sedangkan principal leadership dan teacher competence berpengaruh positif terhadap teacher motivation. Hasil temuan juga menunjukkan teacher motivation memediasi pengaruh principal leadership terhadap teacher performance dan memediasi pengaruh teacher competence terhadap teacher performance.

Published

2024-04-02

How to Cite

Mastuti, Y. F., & Ardi, A. . (2024). Pengaruh Principal Leadership dan Teacher Competence terhadap Teacher Satisfaction dan Teacher Performance di SD XYZ Cabang Bekasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3898-3904. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4184