Proses Manajemen Pengetahuan dalam Pendidikan: Sebuah Penelitian Teoritis-Konseptual
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4188Abstract
Manajemen Pengetahuan (KM) adalah subjek yang telah membangkitkan minat banyak peneliti dalam dekade terakhir, karena kontribusinya yang besar didorong oleh langkah-langkah yang disebut proses KM. Karena merupakan tema yang merangkul, publikasi tentang proses KM memiliki kontribusi multidisiplin dan, oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkonseptualisasikan proses ini, menganalisis pendekatan utama yang memandu studi pada setiap tahapan, dan juga, untuk mengangkat publikasi utama mengenai subjek tersebut. mengklasifikasikannya berdasarkan area kontribusinya. Untuk mencapai tujuan tersebut, artikel ini berorientasi pada penelitian teoritis-konseptual, dimana 71 artikel dipelajari. Hasilnya menunjukkan bahwa proses KM terdiri dari empat tahap: perolehan, penyimpanan, distribusi, dan penggunaan pengetahuan. Pada tahap akuisisi, tema yang dipelajari adalah pembelajaran organisasi, permulaan pengetahuan, proses kreatif dan transformasi pengetahuan. Pada fase penyimpanan, kontribusi berkaitan dengan seseorang, organisasi dan teknologi informasi, sedangkan pada fase distribusi, studi berkonsentrasi pada tema kontak sosial, praktik komunitas, dan berbagi melalui teknologi informasi. Dan yang terakhir, pada fase penggunaan, kami membahas bentuk penggunaan, kapasitas dinamis, pengambilan, dan transformasi pengetahuan.