Pengaruh Penggunaan Strategi Joyfull Learning Berbantu Media Presentasi Prezi terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas III SD Swasta Tanjung Anom

Authors

  • Nahdatul Amna Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Karina Wanda Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4198

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan strategi joyfull learning dengan bantuan media presentasi Prezi terhadap hasil belajar tematik siswa kelas III di SD Swasta Tanjung Anom. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mengikuti pembelajaran dengan strategi joyfull learning berbantu media presentasi Prezi, dan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar yang dilaksanakan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang menerapkan joyfull learning dengan media presentasi Prezi mengalami peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar tematik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Analisis data menggunakan uji t independent menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok tersebut (p < 0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi joyfull learning berbantu media presentasi Prezi dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas III SD Swasta Tanjun Anom.

Published

2024-04-02

How to Cite

Amna, N. ., & Wanda, K. (2024). Pengaruh Penggunaan Strategi Joyfull Learning Berbantu Media Presentasi Prezi terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas III SD Swasta Tanjung Anom. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3869-3875. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4198