Efektifitas Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan Kinerja Guru: Suatu Kajian Studi Literatur

Authors

  • Marinu Waruwu Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4200

Abstract

Kepemimpinan pendidikan dapat mendorong peningkatan kualitas kinerja guru dan staf. Salah satu model kepemimpinan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kinerja guru dan staf adalah kepemimpinan transformasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kinerja guru.  Metode penelitian yang digunakan adalah systematic literature review. Melalui metode ini, peneliti mengkaji dan menganalisis berbagai hasil penelitian terdahulu seputar implementasi kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kinerja guru dan staf. Sumber kajian pustaka yang digunakan adalah buku, jurnal nasional, dan jurnal internasional. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian dari berbagai kajian pustaka menunjukkan kepemimpinan transformasional efektif terhadap peningkatan kinerja guru dan staf. Kepemimpinan transformasional mendorong guru dan staf untuk meningkatkan kinerja ke arah yang lebih baik sehingga berdampak pada peningkatan mutu sekolah. Sebaliknya, kepemimpinan transformasional tidak berdampak signifikan terhadap kinerja karena setiap organisasi memiliki tantangan yang berbeda dari aspek budaya, sosial dan politik.

Published

2024-07-01

How to Cite

Waruwu, M. (2024). Efektifitas Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan Kinerja Guru: Suatu Kajian Studi Literatur. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 6870-6878. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4200