Peranan Media Pop Up Book dalam Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Andinia Pranata Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Vevy Liansari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4203

Abstract

Kemampuan membaca merupakan landasan penting bagi perkembangan akademik peserta didik di sekolah dasar. Namun, mengajarkan membaca kepada peserta didik dengan cara yang menarik dan efektif merupakan tantangan tersendiri bagi para pendidik. Dalam konteks ini, media pop up book telah muncul sebagai salah satu alat pembelajaran yang menjanjikan dalam meningkatkan kemampuan membaca pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan media pop up book dalam kemampuan membaca permulaan peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Ngembe dengan jumlah 20 peserta didik. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan pemberian angket. Hasil penelitian terbukti bahwa dilihat dari perhitungan angket rata-rata survei mengenai soal-soal penggunaan dan menyikapi media pembelajaran yang berdampak besar terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik sekolah dasar.

Published

2024-05-01

How to Cite

Pranata, A., & Liansari, V. . (2024). Peranan Media Pop Up Book dalam Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4381-4386. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4203