Pengaruh Kewajiban Administrasi Guru dan Proses Belajar Mengajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SDS 019 Austine
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4207Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kewajiban administrasi guru dan proses belajar mengajar terhadap hasil belajar peserta didik di SDS 019 Austine. Dalam penulisan penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan mengkaji hubungan administrasi guru (X1), proses belajar mengajar (X2), dan hasil belajar peserta didik (Y) sebagai variable terikat. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik SDS 019 Austine. Jumlah populasi dari penelitian ini sebanyak 53 peserta didik. Data diperoleh melalui angket yang dikembangkan oleh peneliti. Hasil analisis data diperoleh bahwa kewajiban administrasi guru berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik namun pengaruh yang diberikan tidak signifikan, proses belajar mengejar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil perhitungan didapat hasil t hitung > t tabel dengan nilai 4,827 > 2,042 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kewajiban administrasi terhadap hasil belajar peserta didik yang artinya administrasi pendidikan memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik namun tidak terlalu signifikan pengaruh yang diberikan sehingga secara keseluruhan administrasi guru tidak berpengaruh besar terhadap hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, guru perlu tetap mempersiapkan setiap administrasi guru yang diperlukan guna menjadi salah satu landasan dalam mengelola kelas, selain itu proses belajar mengajar dikelas juga harus dilakukan dengan efektif, kreatif, dan penuh inovatif sehingga guru perlu melakukan inovasi dan berkreasi dalam melaksanakan pembelajaran.