Peran Pengembangan Kepribadian Guru Sebagai Pembentuk Karakter Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar

Authors

  • Rizky Maslinda Universitas Airlangga, Indonesia
  • Nuri Herachwati Universitas Airlangga, Indonesia
  • Fiona Niska Dinda Nadia Universitas Airlangga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4222

Abstract

Keakraban psikologis antara guru dan siswa merupakan unsur penting dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Karakter dan kepribadian guru yang matang, kuat dan unik dapat menjadi teladan dan inspirasi bagi siswa. Hubungan yang berkualitas antara guru dan siswa hanya dapat terjalin jika didukung oleh karakter guru yang baik. Kepribadian merupakan keseluruhan kualitas sikap dan perilaku serta merupakan prasyarat utama bagi terselenggaranya proses belajar mengajar secara optimal. Definisi kepribadian yang dibicarakan para ahli menunjukkan bahwa kepribadian bersifat dinamis, berkaitan dengan sistem psikofisiologis, dan menentukan tindakan, pikiran, dan sifat seseorang. Kepribadian juga dapat digambarkan sebagai kualitas pribadi yang diungkapkan melalui pola perilaku yang konsisten terhadap lingkungan. Harga diri seorang guru merupakan unsur terpenting dalam kepribadiannya dalam mencapai keberhasilan profesional. Oleh karena itu, guru harus mampu mengenalinya dan mengembangkannya secara sehat.

Published

2024-05-01

How to Cite

Maslinda, R., Herachwati, N. ., & Nadia, F. N. D. . (2024). Peran Pengembangan Kepribadian Guru Sebagai Pembentuk Karakter Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4836-4844. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4222