Peran Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Sikap Keagamaan Anak

Authors

  • Diah Deandra Dewi Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Jakarta, Indonesia
  • Ai Fatimah Nur Fuad Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Jakarta, Indonesia
  • Nurjanah Nurjanah Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4226

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana standar pembelajaran dapat mendukung perkembangan sikap keagamaan positif anak dan peningkatan motivasi belajar. Penggunaan pembelajaran berbasis bermain khususnya dapat memotivasi siswa untuk memecahkan masalah dengan lebih aktif dan kreatif. Melalui penggunaan pendekatan studi pustaka sebagai sumber data, tujuh publikasi penelitian tahun 2016 hingga 2022 yang berkaitan dengan topik penelitian diteliti guna mengumpulkan data sekunder berupa uraian fakta dan alasan teoritis. “Peran Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Sikap Beragama Anak” merupakan sebuah teks konseptual. Dalam hal ini, bimbingan belajar dapat membangkitkan rasa ingin tahu anak-anak tentang pembelajaran dan memberikan peluang bagi mereka untuk memperoleh pengetahuan di luar kelas tradisional. Bimbingan belajar menjadi lebih informal dan menyenangkan ketika Anda menggunakan metode pengajaran interaktif, memasukkan materi yang segar atau menarik bagi mereka, dan membangun hubungan yang kuat dengan mereka. Selain itu, hal ini menunjukkan bagaimana memasukkan ide-ide keagamaan ke dalam kehidupan sehari-hari dapat menghasilkan transformasi positif.

Published

2024-05-01

How to Cite

Dewi, D. D. ., Fuad, A. F. N. ., & Nurjanah, N. (2024). Peran Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Sikap Keagamaan Anak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4443-4449. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4226