Pengaruh Media Spining Whell terhadapKemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4229Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Media Pembelajaran Spinning Wheel Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran IPA kelas V SD Pertiwi Medan. Penelitian ini dilatar belakangi dengan kegiatan awal yang dilakukan oleh peneliti yaitu wawancara dengan guru kelas V SD Pertiwi Medan, yang menyatakan bahwa masih terdapat beberapa siswa yang berada dibawah Kriteria Ketentuan Minimal (KKM). Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Januari sampai bulan Februari tahun 2024. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes, yakni one group Pretest-Posttest design, yaitu penelitian eksperimen yang dilakukan untuk satu kelompok saja. Design penelitian ini diukur dengan menggunakan pretest yang dilakukan sebelum diberi perlakuan dan postest setelah dilakukan perlakuan. hasil uji t yang menunjukan hasil signifikansi sebesar 0,000 yang dimana lebih kecil dari 0.05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. hasil uji t yang menunjukan hasil signifikansi sebesar 0,000 yang dimana lebih kecil dari 0.05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil Uji tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Spinning Wheel (X1) terhadap Kemampuan Berpikir Krits Siswa (Y) pada Mata Pelajaran IPA.