Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Saranjanu (Sejarah Kerajaan di Nusantara) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4234Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain media, menguji kelayakan media, dan menguji keefektifan media Scrapbook Saranjanu (Sejarah Kerajaan di Nusantara) pada pembelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data adalah tes, wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini adalah analisis kelayakan dan keefektifan media. Media Scrapbook Saranjanu (Sejarah Kerajaan di Nusantara) dinilai sangat sesuai materinya oleh ahli materi dengan persentase kelayakan 87%, dan oleh ahli media dengan persentase 85% termasuk dalam kriteria sangat layak. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan rata-rata dengan uji t-test yang diperoleh thitung sebesar 17,692 dan ttabel sebesar 2,109. Karena thitung > ttabel maka Ha diterima. Peningkatan rata-rata (N-gain) pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,615 dan termasuk dalam kriteria sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Media Scrapbook Saranjanu (Sejarah Kerajaan di Nusantara) merupakan media pembelajaran yang layak dan efektif digunakan pada Pembelajaran IPAS materi sejarah kerajaan di nusantara.