Penanaman Pendidikan Moral Melalui Model Belajar Sosial Bandura (Modifikasi Sosial Learning Bandura) pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar

Authors

  • Krismapera Krismapera Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4238

Abstract

Pentingnya Pendidikan moral terutama pada saat ini sudah ada banyak permasalahan yang berdasarkan pada Pendidikan moral generasi sehingga perlu dilaksanakannya gerakan-gerakan yang bersifat membangun generasi bangsa yang lebih berkualitas sehingga memiliki dampak yang lebih baik kedepannya, pada teori belajar social yang di cetuskan oleh Albert Bandura ini berfokus pada proses anak belajar mengenai nilai-nilai kemasyarakatan terutama di sekitarnya. Jika hal yang di sampaikan mengarah pada hal yang positif maka anak akan menerima nya dengan baik serta pengaruh lainnya. Penanaman Pendidikan moral dimaksud dengan menerapkan model belajar social Bandura yaitu belajar dengan memodifikasi model belajar Bandura sehingga dapat disesuaikan dengan anak pada sat aini dengan memanfaatkan lingkungan social sebagai target ataupunpatokan dalam belajar, sumber belajar, serta sarana belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dimana peneliti pengembangan dengan model ADDIE dengan menggunakan Teknik pengumpulan data nya yaitu observasi, angket, serta wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa Sosial Learning dari Bandura ini dapat dijadikan sebagai landasan dalam penanaman Pendidikan moral anak.

Published

2024-04-01

How to Cite

Krismapera, K., Suarni, N. K. ., & Margunayasa, I. gede . (2024). Penanaman Pendidikan Moral Melalui Model Belajar Sosial Bandura (Modifikasi Sosial Learning Bandura) pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3486-3491. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4238