Analisis Learning Trajectory dalam Konsep Pengurangan pada Pembelajaran Matematika Kelas 2 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4248Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya peserta didik kelas 2 yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep pengurangan dan melakukan operasi pengurangan. Hal ini menyebabkan peserta didik akan mengalami kesulitan di saat mengerjakan soal-soal yang lebih rumit di jenjang yang lebih tinggi. Hal ini mendorong peneliti untuk mencari tahu penyebab peserta didik mengalami hal tersebut, dengan menggunakan Learning Trajectory pada pengurangan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan design research pembelajaran untuk membuat Alternatif Desain Didaktis konsep pengurangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, tes dan observasi. Analisis datanya dilakukan dengan melakukan tiga tahapan DDR yaitu pada saat sebelum pembelajaran dilakukan (Prospective Analysis), pada saat pembelajaran berlangsung (Metapedia Didactical Analysis), dan setelah pembelajaran (Retrospective Analysis). Hasil dari penelitian ini berupa: (1) hypothetical learning trajectory yang dirancang menjadi delapan situasi didaktis, (2) ditemukan 4 tahapan Learning Trajectory yang jarang diajarkan oleh guru yaitu: Subitizing, Number Sense, Composing dan Part-Part Whole (Kelompok-Anggota) dan Strategi berhitung (Double Number) (3) alternatif desain didaktis konsep pengurangan yang mempertimbangkan 3 faktor yaitu: kemampuan awal peserta didik yang menjadi prasyarat, perencanaan dan tindakan guru sebagai scaffolding, serta media pembelajaran sebagai penghubung kongkrit dan abstrak.