Pengaruh Materi Pelestarian Lingkungan dalam Pelajaran Geografi dan Pola Hidup Masyarakat Setempat terhadap Sikap Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa Sekolah Indonesia Kuala Lumpur
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4267Abstract
Sikap peduli lingkungan di kalangan siswa SMP dan SMA Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), harusnya berbanding lurus dengan materi dalam pelajaran geografi. Namun demikian, perlu mengkaji lebih dalam terkait faktor lain, baik internal maupun eksternal yang mempengaruhi karakter peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana siswa SIKL menerapkan perilaku peduli lingkungan berdasarkan materi yang diajarkan di dalam kelas dan juga pengaruh eksternal sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, berdasarkan hasil uji SPSS dengan responden 250 siswa SIKL dengan sampel sejumlah 153 dihitung menggunakan rumus slovin dengan pengolahan data model regresi linier berganda. Metode pengumpulan data, melalui observasi, kuesioner dan wawancara tidak terstruktur. Tulisan ini juga diperkuat dengan data sekunder dari beberapa bahan bacaan, baik fisik maupun online. Hasil yang diperoleh adalah: Sikap sadar lingkungan dipengaruhi kuat oleh pembelajaran geografi di lingkungan sekolah dan budaya hidup masyarakat negara setempat, bukan hanya berdasarkan asupan materi terkait di kelas semata dengan persentase nilai koefisien determinasi sebesar 79,1% sedangkan sisanya yakni 20,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.