Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen

Authors

  • Siti Masnun Universitas Riau, Indonesia
  • Makhdalena Makhdalena Universitas Riau, Indonesia
  • Hardisem Syabrus Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4280

Abstract

Penelitian berikut ditujukan untuk mengetahui adanya Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Nayra Cake Pekanbaru. Dengan adanya penelitian berikut bertujuan untuk mengetahui apakah variabel kualitas produk dan kepuasan konsumen berdampak pada peningkatan penjualan produk Nayra Cake Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, dan sebagai pengukurnya digunakan skala ordinal. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampling insedental, dengan menggunakan rumus cochran dengan tingkat kesalahan 10% sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan instrument tes berbentuk kuesioner dengan dilakukan uji validitas dan uji reabilitas. Berdasarkan hasil analisis uji regresi linear sederhana pada pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen diperoleh nilai R Square sebesar 0,464 atau 46,4%, dan hasil analisis deskriptif diketahui bahwa nilai sig. kualitas produk terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Artinya semakin baik kualitas produk maka akan semakin tinggi tingkat kepuasan konsumen.

Published

2024-04-01

How to Cite

Masnun, S. ., Makhdalena, M., & Syabrus, H. . (2024). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3736-3740. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4280