Kelayakan Buku Ajar Mata Kuliah Pembelajaran Sepakbola

Authors

  • Muhammad Yuda Firdana Universitas Insan Budi Utomo, Indonesia
  • Hari Pamungkas Universitas Insan Budi Utomo, Indonesia
  • Muhammad Nidomuddin Universitas Insan Budi Utomo, Indonesia
  • Anangga Widya Pradipta Universitas Insan Budi Utomo, Indonesia
  • Rubbi Kurniawan Universitas Insan Budi Utomo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4285

Abstract

Mata kuliah pembelajaran sepakbola merupakan mata kuliah teori dan praktik dengan cakupan materi yang kompleks sehingga memerlukan sumber belajar. Salah satu sumber belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran mata kuliah pembelajaran sepakbola yaitu buku ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kelayakan buku ajar mata kuliah pembelajaran sepakbola ditinjau dari ahli materi dan ahli media. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian yaitu ahli materi dan ahli media. Tempat Pelaksanaan penelitian di Universitas Insan Budi Utomo. Instrumen yang digunakan berupa  angket  untuk  mengetahui  kelayakan  buku  ajar  berdasarkan ahli materi dan ahli media. Perolehan skor kelayakan ahli materi yaitu sebesar 48 dari skor maksimal 52 dengan persentase 92%. Perolehan skor ahli media sebesar 178 dari skor maksimal 188 dengan persentase 94%. Berdasarkan perolehan skor kelayakan ahli materi dan ahli media, buku ajar mata kuliah belajar dan pembelajaran dinyatakan valid dan dapat digunakan.

Published

2024-05-01

How to Cite

Firdana, M. Y. ., Pamungkas, H., Nidomuddin, M., Pradipta, A. W. ., & Kurniawan, R. (2024). Kelayakan Buku Ajar Mata Kuliah Pembelajaran Sepakbola. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4766-4771. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4285