Gaya Penulisan Teks Berita Daring dalam Rubrik Hype IDN Times

Authors

  • Rieke Novianti Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Moch Syahri Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4290

Abstract

Kemudahan dan kecepatan teknologi yang ditawarkan media daring membuat semua orang ketergantungan. Terlebih bagi generasi milenial dan Gen Z yang selalu memanfaatkan media daring dalam kesehariannya. Bahkan ketika mencari sebuah berita, dua generasi ini memanfaatkan media daring. Maka dari itu, diperlukan kejelian untuk mencari media massa yang memiliki kredibilitas tinggi. Salah satu media massa yang memiliki kredibilitas tinggi adalah IDN Times. Media ini menyasar generasi milenial dan Gen Z, sehingga media ini memilih kata-kata yang familier bagi kedua generasi tersebut dan tak jarang menggunakan kata yang sedang viral. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji gaya penulisan struktur teks berita di media daring IDN Times. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam mengumpulkan data penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Data penelitian dikumpulkan dari berita daring dalam rubrik Hype IDN Times bulan Agustus 2023, sebanyak 68 berita. Data yang akan dianalisis diklasifikasi berdasarkan judul, teras, dan tubuh berita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bagian judul berita didominasi gaya penulisan representatif dengan total 66 data. Pada bagian teras paling banyak menggunakan teras atau lead ringkasan dengan total 49 data. Sedangkan pada bagian tubuh berita didominasi oleh pola piramida terbalik dengan total 51 data. Hal ini menunjukkan bahwa gaya penulisan yang digunakan media massa daring IDN Times, khususnya pada bagian rubrik Hype memiliki kesesuaian antara judul dan isi yang disajikan, pembaca media daring yang tidak memiliki waktu lama juga diuntungkan dengan gaya penulisan teras ringkasan dan gaya penulisan tubuh berita yang menggunakan pola piramida terbalik.

Published

2024-05-01

How to Cite

Novianti, R. ., & Syahri, M. (2024). Gaya Penulisan Teks Berita Daring dalam Rubrik Hype IDN Times. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4779-4788. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4290