Pengembangan LKPD Berbasis Hots Melalui CTL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penalaran Matematis Peserta Didik

Authors

  • Fransiska Diodora Sitorus Universitas Terbuka Kota Medan, Indonesia
  • Hasratuddin Hasratuddin Universitas Terbuka Kota Medan, Indonesia
  • Ervin Azhar Universitas Terbuka Kota Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4297

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Bahan ajar. Dimana bahan ajar yang dikembangkan pada penelitian ini adalah LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang berbasis HOTS (High Order Thingking Skill) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penalaran matematis pada peserta didik kelas VI SD dengan menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) di SDN 01 Pematang Jering Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara.  Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D) atau Penelitian dan Pengembangan. Pada penelitian ini terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penalaran matematis peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dari uji coba I ke uji coba II adalah lebih dari 70%. Peningkatan kemampuan penalaran matematis dilihat dari rerata hasil belajar peserta didik pada uji coba I adalah sebesar 79,28 dan uji coba II adalah 89,28. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil wawancara, pendapat ahli, hasil tes, angket, keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa  LKPD yang dikembangkan ini  dalam kategori Praktis dan efektif, serta layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar, pada materi Pelajaran bangun ruang tabung di kelas VI Sekolah Dasar.

Published

2024-04-01

How to Cite

Sitorus, F. D. ., Hasratuddin, H., & Azhar, E. . (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Hots Melalui CTL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penalaran Matematis Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3695-3701. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4297