Peran Guru Kelas dalam Menangani Bullying di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Regita Puspitasari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pringsewu, Lampung
  • Amrullah Khoirul Maarif Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pringsewu, Lampung
  • Dwi Rohmadi Mustofa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pringsewu, Lampung

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4313

Abstract

Bullying, baik verbal maupun fisik, serta pengucilan, merupakan salah satu perilaku menyimpang yang banyak terjadi di sekolah saat ini. Hal serupa juga terjadi di MI Miftahul Falah Siliwangi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan analisis komprehensif mengenai strategi yang dapat diterapkan oleh guru kelas VI di MI Miftahul Falah Siliwangi untuk mencegah anak-anaknya menjadi korban bullying. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru kelas dapat memainkan peran penting dalam mengatasi perundungan dengan berperan sebagai mediator dan fasilitator. Mereka dapat membantu memperbaiki hubungan yang tegang antara pelaku intimidasi dan korbannya dengan membina persatuan di antara siswa yang mengalami intimidasi, baik di dalam maupun di luar kelas. Tanggung jawab utama guru kelas adalah mendidik siswa di kelas secara pribadi tentang penindasan, secara khusus menekankan bahwa aktivitas seperti mengejek, membuat marah teman, memukul, atau dengan sengaja mencuri makanan dari orang lain harus dihindari karena dapat membahayakan diri sendiri atau orang lain. Tanggung jawab utama instruktur kelas sebagai penasihat adalah memberikan nasihat kepada pelaku intimidasi, menginstruksikan pelaku untuk berhenti terlibat dalam perilaku intimidasi, mendorong pelaku dan korban untuk saling memafkan satu sama lain, dan menasihati agar tidak menyimpan dendam. Nasihat ini diberikan kepada siswa secara individu dan secara bersama sama, dengan tujuan untuk dijadikan pembelajaran bagi seluruh siswa di kelas.

Published

2024-05-01

How to Cite

Puspitasari, R., Maarif, A. K., & Mustofa, D. R. (2024). Peran Guru Kelas dalam Menangani Bullying di Madrasah Ibtidaiyah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4805-4812. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4313