Gambaran Stress Kerja pada Guru TK dan PAUD di Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kec. Porong Kab. Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4322Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran stress pada guru TK dan PAUD di Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kec. Porong Kab. Sidoarjo dan faktor-faktor yang menyebabkan stress kerja pada guru di tingkat pendidikan TK dan PAUD. Sampel penelitian yaitu 80 guru yang tergabung dalam Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) di Kec. Porong Kab. Sidoarjo. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data secara deskriptif untuk melihat distribusi frekuensi dan proporsi masing-masing variable yang ditampilkan dalam bentuk tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stress kerja pada guru jenjang pendidikan TK dan PAUD di Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kec. Porong Kab. Sidoarjo, sebagian besar responden mengalami stress kerja, baik pada aspek fisiologis, psikologis, maupun perilaku. Responden yang mengalami stress kerja tersebut merupakan guru perempuan berusia muda (?38 tahun) dengan status pekerjaan Guru Tidak Tetap (GTT) dan masa kerja yang lama (?12 tahun). Stress kerja dapat diminimalisir dengan melakukan manajemen waktu yang baik dalam kepentingan pribadi dengan pekerjaan, melakukan olahraga secara rutin, mengkonsumsi makanan yang tinggi dengan gizi, memiliki jam istirahat yang cukup.