Peran Orang Tua dan Peran Guru dalam Menstimulasi Kemandirian Anak Usia Dini di TK Pelangi

Authors

  • Sri Fitri Yuningsih Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Imamah Imamah Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4324

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dan peran guru dalam menstimulasi kemandirian anak usia dini di TK Pelangi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik peran orang tua maupun peran guru berperan penting dalam merangsang kemandirian anak. Orang tua memberikan model peran serta memberikan dukungan untuk pengembangan kemandirian anak melalui interaksi sehari-hari, sementara guru di TK menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung kemandirian anak melalui kegiatan terstruktur dan panduan sesuai dengan tahap perkembangan anak. Kesimpulan dari penelitian yanga dilakukan oleh Sri Fitri Yuningsih Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini  dengan judul “Peran Orang Tua dan Peran Guru Dalam Menstimulasi Anak Usia Dini di TK Pelangi  kolaborasi yang erat antara orang tua dan guru diperlukan untuk meningkatkan kemandirian anak usia dini. Oleh karena itu, rekomendasi meliputi pelatihan untuk orang tua dan guru untuk memperkuat pemahaman mereka tentang pentingnya kemandirian anak serta strategi efektif untuk merangsangnya.

Published

2024-05-01

How to Cite

Yuningsih, S. F. ., & Imamah, I. (2024). Peran Orang Tua dan Peran Guru dalam Menstimulasi Kemandirian Anak Usia Dini di TK Pelangi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4813-4818. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4324