Analisis Kondisi Pembelajaran Bahasa Mandarin di Sekolah Dasar

Authors

  • Yani Santri Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Lily Thamrin Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Lusi Lusi Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4327

Abstract

Sekolah dasar adalah salah satu lingkungan pendidikan bahasa yang mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan pengetahuan anak-anak. Banyak sekolah dasar di Pontianak yang menawarkan kelas bahasa Mandarin, begitu juga dengan SD Swasta Cahaya Mentari Pontianak. Sekolah dasar ini menaruh perhatian besar pada pengajaran bahasa Mandarin, selain belajar bahasa Mandarin di dalam kelas, sekolah ini juga mengadakan klub Mandarin sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler. Peneliti melakukan wawancara terhadap kepala sekolah, guru Bahasa mandarin, guru mandarin klub, dan siswa sekolah dasar, serta membandingkan nilai siswa yang mengikuti ekstrakurikuler klub Bahasa Mandarin. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan bahasa mandarin siswa meningkat karena kosakatanya lebih luas dan dilihat dari hasil nilai rapot yang diperoleh siswa dapat diketahui bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai kelulusan meningkat, hasilnya 89% siswa lulus dan hanya 11% siswa yang gagal.

Published

2024-05-03

How to Cite

Santri, Y. ., Thamrin, L. ., & Lusi, L. (2024). Analisis Kondisi Pembelajaran Bahasa Mandarin di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4919-4925. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4327