Disrupsi dan Digitalisasi Pasar Tradisional (Studi Kualitatif Penerapan Omni Channel di Pasar Turi Baru Surabaya)
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4333Abstract
Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi pemasaran Pasar Turi Baru Surabaya di Era Digital dengan pendekatan Omni Channel. Pasar Turi Baru Surabaya merupakan pasar tradisional yang menawarkan berbagai macam kebutuhan sandang, oangan, perlatan rumah tangga, serta produk untuk anak-anak dan dewasa. Fokus utama penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana strategi komunikasi pemasaran Pasar Turi Baru Surabaya di Era digital dengan pendekatan omni channel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Pasar Turi Baru Surabaya di Era Digital. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diterapkan adalah analisis data menurut Sugiyino dengan menggunakan teori Omni channel. Hasil penelitian menujukkan bahwa Pasar Turi Baru Surabay telah menerapkan strategi komunikasi pemasaran melalui saluran offline, seperti woro-woro dan sponsorship event, serta saluran online seperti TikTok dan Instagram. Dengan demikian, Pasar Turi Baru Surabaya telah mengimplemntasikan pendekatan Omni channel dalam strategi komunikasi pemasarannya.