Penggunaan Media Kartu Kata Berwarna-warni untuk Meningkatkan Keterlibatan Membaca Siswa Kelas I Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4343Abstract
Kartu kata berwarna-warni adalah gambar kata yang dituangkan pada selembar karton berbentuk kartu yang cukup besar. Kartu-kartu tersebut memuat kata yang ditulis dengan warna yang berbeda-beda, siswa hanya mengamati kata yang tertuang pada kartu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu kata berwarna-warni untuk meningkatkan keterlibatan membaca siswa kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus dan enam pertemuan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas I dengan jumlah siswa 13 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa apakah penggunaan media kartu kata berwarna-warni dapat meningkatkan keterlibatan membaca siswa di kelas I yaitu media kartu kata berwarna warni dapat meningkatkan keterlibatan membaca siswa di kelas I dilihat dari hasil persentase yang di peroleh pada siklus ke III yaitu 84,61% atau 11 siswa yang mana indikator keberhasilan penelitian ini adalah 70% yaitu 9 siswa.