Pengembangan Metode Story Telling melalui Permainan Tradisional Anak Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak TK

Authors

  • Djoko Apriono Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Indonesia
  • Suttrisno Suttrisno Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Indonesia
  • Mahmudah Mahmudah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Indonesia
  • Moh. Mu’minin Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4347

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran bahasa yang terjadi saat ini berkenaan dengan sifat pembelajaran bahasa yang abstrak, sehingga peserta didik sulit untuk memahaminya. Dampaknya peserta didik kurang berminat dengan pelajaran bahasa dan menganggap dirinya tidak mampu mempelajari bahasa. Pengujian produk atau pengujian keefektifan dari perangkat pembelajaran yang dihasilkan. Pada penelitian ini uji produk dilakukan pada prototype pengembangan methode Story telling melalui permainan tradisional anak berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak TK yang dikembangkan dibandingkan dengan perangkat pembelajaran yang sudah ada dan selama ini digunakan di taman kanak - kanak Kota Tuban. Adapun pemilihan sampel sekolah yang menjadi subjek uji coba penelitian dilakukan melalui teknik multistage cluster random sampling pada taman kanak – kanak di kota Tuban. Uji normalitas merupakan salah uji statistik yang menjadi persyaratan dalam sebuah pengambilan keputusan pada sebuah penelitian. Sehingga menghasilkan meningkatnya kemampuan berbahasa anak TK metode story telling melalui permainan tradisional anak berbasis kearifan lokal.

Published

2024-05-03

How to Cite

Apriono, D. ., Suttrisno, S., Mahmudah, M., & Mu’minin, M. . (2024). Pengembangan Metode Story Telling melalui Permainan Tradisional Anak Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak TK. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4876-4883. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4347