Pengaruh Media Komik Digital terhadap Kemampuan Menulis Cerita di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4350Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media komik digital terhadap kemampuan menulis cerita di sekolah dasar. Penelitian dilakukan di SDN Kenongo 1 tahun ajaran 2023/2024 dengan pembelajaran menulis cerita mata pelajaran Bahasa Indonesia semester 1 fase B. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan jenis eksperimen atau pre-experimental design dengan one group pre test and post test. Sample berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk mengetahui hasil menulis cerita yaitu berupa pre-test dan post-test untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media komik digital terhadap kemampuan menulis cerita di sekolah dasar. Berdasarkan descriptive statistic kemampuan menulis cerita nilai mean pre test 58,64 sedangkan post test 80,59 yang berarti mengalami peningkatan selanjutnya dilakukan analisis data menggunakan uji normalitas dengan hasil data bersifat normal dan uji paired sample t-test dari hasil nilai pre test dan post test dan menghasilan sig (2-tailed) 0,00 dimana lebih kecil dari 0,05 dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari media komik digital terhadap kemapuan menulis cerita di sekolah dasar kelas IV-B SDN Kenongo 1.